Program Ekstrakurikuler

Program Ekstrakurikuler adalah aktivitas yang dilakukan di luar jam pelajaran baik itu yang dilaksanakan di pesantren atau juga di luar pesantren dengan maksud untuk lebih memperkaya serta memperluas wawasan pengetahuan serta juga kemampuan dalam berbagai aspek dan bidang.

Panahan adalah salah satu olahraga yang dilakukan pemanah dengan cara menembakkan anak panah dengan bantuan busur untuk mencapai target atau sasaran tembak pada jarak yang sudah ditentukan. 

Tidak diragukan bahwa panahan adalah olahraga yang disunnahkan oleh Nabi Muhammad shallallahu 'alaihi wassalam, karena hal itu pesantren membuat program ektrakurikuler panahan yang wajib diikuti santri sebanyak 10 pertemuan untuk menguasai teknik dasar panahan, materi dan latihan lanjutan diperuntukkan bagi santri yang memiliki minat dan bakat dalam ekskul ini.

  1. Dilatih oleh pelatih profesional bersertifikat
  2. Dilaksanakan rutin sepekan sekali
  3. Peralatan panahan sesuai standar
  4. Menguasai teknik dan teori dasar memanah

Penguasaan terhadap teknologi di masa ini sangat diperlukan, dalam belajar, berdakwah, seperti untuk menulis makalah, buku, melakukan presentasi, mengelola data, ataupun desain grafis agar materi yang disampaikan bisa lebih menarik dan ilmu bisa diterima dengan mudah.

Diantara aplikasi yang sangat diperlukan di berbagai bidang adalah aplikasi office yang meliputi Microsoft Word, Microsoft Exel, dan Microsoft Power Point. Santri akan diajari penguasaan ketiga aplikasi diatas baik secara teori maupun praktik oleh pembimbing ahli selama 2 semester 40 kali pertemuan dengan total 4.800 menit pembelajaran.

  1. Dibimbing oleh pembimbing ahli
  2. Kurikulum tersusun rapi
  3. Penerapan metode “Learning by doing”
  4. Peralatan yang mendukung dan memenuhi standar
  5. Dilaksanakan rutin sepekan sekali
  6. Disediakan jam praktik tambahan diluar KBM

Futsal adalah permainan bola yang dimainkan oleh dua tim, yang masing-masing beranggotakan lima orang. Tujuannya adalah memasukkan bola ke gawang lawan, dengan memanipulasi bola dengan kaki. Selain lima pemain utama, setiap regu juga diizinkan memiliki pemain cadangan.

Untuk melepas kejenuhan belajar, pesantren membuat program futsal sepekan sekali yaitu setiap hari jumat antara pukul 07.30 – 09.30 WIB di lapangan futsal dekat dengan pesantren yang berjarak sekitar 10 menit (jalan kaki), untuk menambah kemeriahan sesekali diadakan lomba antar gabungan antar kelas atau antar pesantren sekitar.

  1. Dilaksanakan sepekan sekali
  2. Lokasi futsal dekat dengan pesantren
  3. Lapangan standar nasional
  4. Lomba futsal disetiap semester
Scroll to Top